Translate This Blog

Jumat, 05 Agustus 2011

Semua Tentang Harga Suatu Tattoo

Mengapa Mahal?? Kok Segitu ya?? Mahal Amat ya...ya kalimat2 ini selalu menjadi kalimat pembuka antara percakapan Seorang Klien dengan artists Tattoonya hehehe, okay sekarang coba kita telaah mengenai price tattoo itu sendiri,

Masing2 studio punya standard resmi mengenai price yang digunakan mulai dari rate per jam, atau per besar kecilnya ukuran, sekarang kita bahas dulu satu2.

1. Studio tattoo dengan rate per jam
Banyak sekali omongan mengenai studio yg menggunakan Rate Per Jam, rata2 semua pada takut harga tattoonya bakal meledak krn tattoo Artists nya lama2in dalam membuat tattoo. Coba kita buang dulu pikiran itu sebentar saja, disini saya coba menjelaskan sistem rate per jam ini. Rate per jam biasanya berfariasi mulai dari yang ratusan ribu per jam sampai jutaan per jamnya, kebanyakan di Luar menggunakan sistem ini, alasannya sebenernya dengan menggunakan sistem ini klien jauh lebih hemat krn membuat tattoo sesuai dengan kemampuannya untuk mengumpualkan uangnya.
Memang kelihatan nya jd mahal kalo berfikiran ahh nanti natoinnya di lama2in, tolong untuk melenyapkan pola pikir seperti itu, krn bai masing2 artist yang menggunakan sistem ini tentu saja sudah di perhitungkan baik dan buruknya sesuai kemampuan mereka. dan sejujurnya membuat tattoo dengan berlama2 sebenernya itu jg membuat si artistnya capek dan jenuh. Jadi cobalah untuk melihat jangan dari satu sisi negatifnya saja :)

2. Studio dengan rate per besar kecilnya ukuran
Sepertinya sistem ini yang paling umum digunakan di Indonesia, krn segala sesuatunya sudah di perhitungkan mulai dr jumlah jarum yg digunakan dan banyaknya tinta yang dipakai. Rata2 yang menggunakan sistem ini menggunakan Min Charge yaitu nominal yang harus klien siapkan dalam membuat tattoo, adapun hal ini bukan asal2 an di tembak, namun semuanya sudah di perhitungkan baik2.

Okay sekarang kita bahas bedanya tattoo di luar dan di Indonesia sendiri.

Di luar negeri harga suatu Tattoo bisa di bilang mahal, disini mahal mmg merupakan dilema antara mmg mahal atau wajar krn ini karya permanent yang menempel pada kulit. Di luar negeri yang membuat mahalnya adalah sisi artistik si artistnya sendiri ya seperti seorang pelukis semakin bagus2 karyanya seiring waktu maka harganya pun naik perlahan. Namun di Indonesia sendiri tattoo harganya mahal karena barang2 yang di gunakan masih import, munkin beberapa dr kalian ada yang melihat ah harganya barang2nya masih ngk mahal2 banget, cuma jangan lupa di Indonesia ini yang kebanyakan Pajak..pajak dan Pajak...itulah yang mebuat harga tattoo di Indonesia masih bs di bilang murah karena sisi art artistnya kurang dihargain. Yah contohnya dikasih nominal sekian pasti kalimat2 di atas bakal langsung keluar, sementara bule atau turis asing di kasih harga yang sama menurut mereka itu sangatlah murah untuk sebuat art yang bakal melekat di badan mereka.

Adapun tulisan ini di buat adalah untuk meberi sedikit informasi mengenai sistem dan harga tattoo,kebanyakan dari kita untuk pergi ke clubing dan mengahbiskan berjuta2 rupiah adalah wajar, namun mengapa untuk sebuah seni yang menempel seumur hidup dianggap mahal...padahal unuk bisa membuat suatu karya tattoo butuh waktu dan latihan yang panjang di tambah lagi dengan pembelian alat2 yang harganya sudah berkali kali lipat krn pajak.

jadi mudah2an dengan adanya tulisan ini semua bisa paham mengenai management suatu studio tattoo yang mungkin belum pernah di bahas sebelumnya :)

By : Uncle Bob